GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA PASIEN TENTANG SISTEM TRIAGE DI IGD RSUD SUMBAWA

Authors

  • Tri Surya Alamsyah STIKES Griya Husada Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.51487/jks.v4i2.80

Keywords:

Knowledge, Triage, Emergency Room.

Abstract

Gawat Darurat adalah suatu keadaan yang mana penderita memerlukan pemeriksaan medis segera, apabila tidak dilakukan akan berakibat fatal bagi penderita. Kecepatan dan ketepatan pertolongan yang diberikan pada pasien yang datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) sangat diperlukan standar sesuai dengan kompetensi dan kemampuan petugas kesehatan, sehingga dapat menjamin suatu penanganan kegawatdaruratan dengan response time yang cepat dan penanganan yang tepat. Data yang tercantum menunjukkan adanya peningkatan jumlah pasien baik rawat jalan maupun rawat inap di IGD RSUD Sumbawa, dan terdapat juga lonjakan komplain terutama pada keluarga pasien. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan keluarga pasien tentang sistem triage di IGD RSUD Sumbawa dengan pendekatan survei cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli tahun 2020 di ruang IGD RSUD Sumbawa dengan jumlah sampel 80 responden. Hasil penelitian menunjukkan keluarga pasien yang berobat di IGD RSUD Sumbawa sebanyak 34 responden (43%) dengan pengetahuannya cukup, 29 responden (36%) pengetahuan kurang, dan 17 responden (21%) pengetahuannya baik. Diharapkan pihak Rumah Sakit memberikan edukasi atau pendidikan kesehatan kepada keluarga atau masyarakat dalam pelaksanaan triage, sehingga dapat mengurangi tingkat komplain saat pelaksanaan triage.

References

Aloyce, R., Leshabari, dan Brysiewicz. 2014. African Federation for Emergency Medicine African Journal of Emergency Medicine Assesment Centres in Dar es Salaam, Tanzania. African Journal of Emergency Medicine 4 (1):14-18. Diakses tanggal 17 Pebruari 2020.

Ardiyani, VM., Andri, M.W. & Eko, R.K., 2015. Analisis peran perawat triage terhadap waiting timedan length of stay pada ruang iriagedi Instalasi gawat darurat rumah sakit dr. Saiful Anwar Malang. Jurnal CARE, 3(1). Available at: http://s3.amazonaws.com/ac ademia.edu.documents/4589 2932/302-5151.

Aryono, D. 2016. Kegawatdaruratan dan Bencana. Jakarta: Rayyana Komunikasi Indo.

Depkes RI. 2009. Profil kesehatan Indonesia: Kesehatan Darurat (IGD) Rumah Sakit. Jakarta : Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Emergency, P. 2011. Basic Trauma Life Support (BTLS). Bogor: PT.Pro Emergency.

Gurning, Y., Karim, D., dan Misrawati. 2011. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Petugas Kesehatan IGD Terhadap Tindakan Triage Berdasarkan Prioritas. Universitas Riau. Diakses tanggal 10 Pebruari 2020.

Notoatmodjo. 2012. Promosi kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Santosa, W., Bakar, A., & Wahyuni, E. D. 2015. Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Pemberian Label Triage dengan Tindakan Perawat Berdasarkan Lael Triase di IGD Rumah sakit Petrokimia

Setiawati, E. 2009. Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. Jakarta: Trans Unfo Media.

Laoh, J. M., & Rako, K. 2014. Gambaran Pengetahuan Perawat Pelaksana dalam Penanganan Pasien Gaeat Darurat di Ruangan IGDM BLU RSUP. Prof. Dr. R. D. Kadou Manado. Juiperdo, 43- 51.

Rekam Medis RSUD Sumbawa. 2019. Jumlah Kunjungan Pasien di IGD.

Sudrajat, Ace. 2014. Hubungan Pengetahuan dan Pengalaman Perawat dengan Keterampilan Triase di IGD RSCM. Jakarta: Poltekes Kemenkes Jakarta III.

Widyawati. 2012. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : prestasi pustaka.

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Alamsyah, T. S. (2021). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA PASIEN TENTANG SISTEM TRIAGE DI IGD RSUD SUMBAWA. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 4(2), 76–87. https://doi.org/10.51487/jks.v4i2.80