PELATIHAN EMPATI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ANTI-BULLYING PADA SISWA BYSTANDER SMP “X” SURABAYA
Keywords:
Pelatihan Empati, Bullying, Sikap Anti-Bullying, BystanderAbstract
Bystander pada kasus bullying dapat meningkatkan maupun menurunkan perilaku bullying itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan empati kepada bystander untuk meningkatkan sikap anti-bullying. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan desain one group pretest-postest desain. Partisipannya adalah dua siswa kelas VII di SMP X, yang memiliki sikap anti-bullying rendah dan diperoleh berdasarkan data angket sikap anti-bullying. hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan secara signifikan sikap anti-bullying sebelum dan sesudah intervensi (p = 0.180). Hal ini disebabkan jumlah sampel dalam penelitian yang sangat sedikit sehingga hasil analisis statistik yang dilakukan tidak signifikan. Selain itu juga didukung dengan karakterisitik dan juga latar belakang budaya masing-masing partisipan Meskipun dari uji statistik tidak terjadi perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi, akan tetapi peneliti melihat adanya peningkatan sikap anti-bullying partisipan dari aspek kognitif dan afektifnya. Secara umum, pelatihan empati ini dapat diterapkan kepada bystander sebagai upaya meningkatkan sikap anti-bullying di sekolah. Sebelum dilakukannya pelatihan ini, sebaiknya dilakukan asesmen yang lebih mendetil sehingga materi yang diberikan dapat sesuai dengan karakter partisipan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Kesehatan dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.