PELATIHAN EMPATI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ANTI-BULLYING PADA SISWA BYSTANDER SMP “X” SURABAYA

Penulis

  • Efan Yudha Winata Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Pelatihan Empati, Bullying, Sikap Anti-Bullying, Bystander

Abstrak

Bystander pada kasus bullying dapat meningkatkan maupun menurunkan perilaku bullying itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan empati kepada bystander untuk meningkatkan sikap anti-bullying. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan desain one group pretest-postest desain. Partisipannya adalah dua siswa kelas VII di SMP X, yang memiliki sikap anti-bullying rendah dan diperoleh berdasarkan data angket sikap anti-bullying. hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan secara signifikan sikap anti-bullying sebelum dan sesudah intervensi (p = 0.180). Hal ini disebabkan jumlah sampel dalam penelitian yang sangat sedikit sehingga hasil analisis statistik yang dilakukan tidak signifikan. Selain itu juga didukung dengan karakterisitik dan juga latar belakang budaya masing-masing partisipan Meskipun dari uji statistik tidak terjadi perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi, akan tetapi peneliti melihat adanya peningkatan sikap anti-bullying partisipan dari aspek kognitif dan afektifnya. Secara umum, pelatihan empati ini dapat diterapkan kepada bystander sebagai upaya meningkatkan sikap anti-bullying di sekolah. Sebelum dilakukannya pelatihan ini, sebaiknya dilakukan asesmen yang lebih mendetil sehingga materi yang diberikan dapat sesuai dengan karakter partisipan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-14

Cara Mengutip

Winata, E. Y. (2021). PELATIHAN EMPATI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ANTI-BULLYING PADA SISWA BYSTANDER SMP “X” SURABAYA. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 1(1), 51–58. Diambil dari http://jurnal.lppmstikesghs.ac.id/index.php/jks/article/view/10