HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KETERSEDIAAN SARANA DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH DI BANTARAN SUNGAI KELURAHAN BRANG BIJI KECAMATAN SUMBAWA TAHUN 2020

Authors

  • Sri Windasari STIKES Griya Husada Sumbawa
  • abdul hamid STIKES GRIYA HUSADA SUMBAWA
  • rihul husnul juliyatmi STIKES GRIYA HUSADA SUMBAWA

Keywords:

Kunci : Perilaku, Sampah

Abstract

Sampah adalah sisa dari hasil kegiatan manusia sehari-hari dan dari proses alam yang berbentuk padat dan cair (limbah). Sampah yang dihasilkan dari kegiatan manusia harus dikelola dengan baik, agar tidak terjadi pencemaran lingkungan. Pengelolaan sampah yang tidak baik dapat memicu terjadinya kerusakan lingkungan. Permasalahan lingkungan yang muncul antara lain berupa kerusakan tanah, air tanah, air permukaan, serta terganggunya estetika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebiasaan dan ketersediaan sarana dengan perilaku masyarakaat dalam membuang sampah di Bantaran Sungai Kelurahan Brang Biji Kecamatan Sumbawa Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional Study, populasi adalah seluruh masyarakat yang tinggal di Bantaran Sungai sebanyak 54 Rumah dan sampel sebanyak 47 responden dengan teknik pengambilan simple random sampling. Alat pengumpul data kuesioner dan lembar observasi. Analisis  data univariat, bivariat menggunakan chi square  dan Fisher Exact Test. Berdasarkan analisis bivariat  terdapat hubungan antara  kebiasaan dengan perilaku masyarakat dalam membuang sampah dengan p-value (0,000), terdapat hubungan antara  ketersediaan sarana dengan perilaku masyarakat dalam membuang sampah dengan p-value (0,040) di Bantaran Sungai Kelurahan Brang Biji Kecamatan Sumbawa. Saran dari hasil penelitian ini pemerintah menyediakan sarana agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya sehingga sungai menjadi bersih dan sesuai fungsi.

 

Kunci : Perilaku, Sampah

 

References

Alfikri, N. Hidayat,W. Girsang, I, V. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tindakan Membuang Sampah di Lingkungan Iv Kelurahan Helvetia Kecamatan Medan Helvetia. Jurnal Riset Hesti Medan, 3,(1).
Ashidiqy, R, M. 2009. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Masyarakat dalam Membuang Sampah Di sungai Marangen. Skripsi diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Putra, T. P. Adyatma, S. Normelani , E. 2016. Analisis Perilaku Masyarakat Bantaran Sungai Martapura dalam Aktivitas Membuang Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat. Halaman 23 – 35. (Online) e-ISSN : 2356-5225 (http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg), diakses 03 Juli 2020.
Wardani, R. 2013. Hubungan Perilaku Masyarakat Terhadap Kebiasaan Membuang Sampah di Desa Ujung Baroh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat,07(10):104-152.

Downloads

Published

2021-06-14

How to Cite

Windasari, S., hamid, abdul, & juliyatmi, rihul husnul. (2021). HUBUNGAN KEBIASAAN DAN KETERSEDIAAN SARANA DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH DI BANTARAN SUNGAI KELURAHAN BRANG BIJI KECAMATAN SUMBAWA TAHUN 2020. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 4(1), 106–115. Retrieved from http://jurnal.lppmstikesghs.ac.id/index.php/jks/article/view/66

Most read articles by the same author(s)