HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI STIKES GRIYA HUSADA SUMBAWA

Authors

  • Didi Rafi Sanjani Sekolah tinggi ilmu kesehatan griya husada sumbawa
  • Desy Fadilah Adina Putri STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Haedar Putra STIKES Griya Husada Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.51487/jks.v4i2.72

Abstract

Beban kerja adalah sejumlah proses atau kegiatan yang harus diselesaikan oleh seorang pekerja dalam jangka waktu tertentu. Beban kerja dapat memicu munculnya stress sehingga  dapat menimbulkan penyakit fisik dan psikologis yang dapat mempengaruhi produtivitas kerja. produktivitas sangat mempengaruhi kinerja karyawan dalam melaksanakan tugasnya. produktivitas kerja mempengeruhi efektivitas dan efisiensi kerja pegawai sehingga para pegawai mampu produktif dalam melaksanakan pekerjaannya secara kualitas maupun kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja dengan produktivitas kerja pada karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Griya Husada Sumbawa. Metode yang digunakan yaitu deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 11 responden dengan teknik pengambilan sample yaitu total sampling. Waktu penelitian yang dilakukan pada bulan Juni - Juli 2020. Data yang didapatkan dianalisis dengan SPSS versi 16.00 menggunakan uji analisis korelasi momen pearson. Berdasarkan hasil dari analisis korelasi menunjukkan tidak ada hubungan beban kerja dengan produktivitas kerja dengan nilai signifikansi 0,297 yang mana > nilai α  (0,005). Hal ini mengindikasikan bahwa Ho diterima dan H1 ditolak yang artinya tidak ada hubungan beban kerja dengan produktivitas kerja pegawai STIKES Griya Husada Sumbawa. Oleh karena itu diharapkan ada evaluasi pegawai dalam rangka peningkatan produktivitas kerja demi menjaga kualitas mutu kinerja pegawai STIKES Griya Husada Sumbawa.

References

Adityawarman, dkk 2015, Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Krekot’, Jurnal Manajemen dan Organisasi, 4, (1).

Ambarwati, D. 2014. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Stres Perawat Igd Dengan Dukungan Sosial Sebagai Variabel Moderating. Diponegoro: Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas.

Anita, dkk 2013, ‘Pengaruh Penempa-tan dan Beban Kerja terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya pa-da Prestasi Kerja Pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Pen-duduk Aceh’, Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2, (1).

Astianto, Anggit, dan Heru Suprihhadi, 2014, ‘Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan PDAM Surabaya’, Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3, (7).

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachmid, N. A dan Ogi, E dan Sumarauw, J. 2017. Pengaruh Stres Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Cabang Manado. Jurnal EMBA, 5 (2).

Fathimahhayati, L.D dkk. 2018. Analisis Beban Kerja Mental Pada Operator A Ir Traffic Controller (Atc) Dengan Metode Subjektif Dan Objektif. Jurnal ilmiah bidang tehnologi, ANGKASA. 11 (1)

ern nde , J. dan Gustot, T., 2013. Management of bacterial infections in

cirrhosis. Journal of Hepatology

Fianti, A. 2017. pengaruh beban kerja,konflik peran terhadap stress kerja dan implikasinya pada produktivitas kerja pegawai badan penelitian dan pengembangan kementrian pertahanan.universitas pembangunan nasional veteran Jakarta.

Fraenkel, J. L., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to design and evaluate research in education eighth edition. New York : Mc Graw Hill.

Gaol, J. L.. 2014. Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta

Haitze J. de Vries Michiel F. Reneman Johan W. Groothoff. Jan H. B. Geertzen Sandra Brouwer. 2013. Selfreported Work Ability and Work Performance in Workers with Chronic Nonspecific Musculoskeletal Pain

Kurniawan, H. M. M. 2016. Pengaruh Reward, Punishment, Beban Kerja, dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Journal of Management, 2 (2).

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Sanjani, D. R., Putri, D. F. A., & Putra, H. (2021). HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI STIKES GRIYA HUSADA SUMBAWA. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 4(2), 43–55. https://doi.org/10.51487/jks.v4i2.72