PENGARUH METODE PEER EDUCATION DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE GENETALIA PADA REMAJA PUTRI DI DESA PUNGKA
Kata Kunci:
Remaja, peer Education, personal hygiene genetalia, quasi eksperimenAbstrak
Kelompok sebaya atau peer education adalah suatu proses komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) yang dilakukan oleh kalangan sebaya dan untuk kalangan sebaya itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya Pengaruh Metode Peer Education dalam Meningkatkan Perilaku Personal Hygiene Genetalia pada Remaja Putri di Desa Pungka. Jenis dan desain penelitian pada penelitian ini adalah adalah quasi experiment dengan menggunakan rancangan pretest-posttest with control group. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021. Populasi pada penelitian ini adalah remaja putri di desa Pungka dengan sampel berjumlah 50 responden yang dibagi menjadi dua grup. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan ancova untuk mengetahui pengaruh dari intervensi. Hasil penelitian menunjukan terdapat beda rerata yang bermakna pada variabel perilaku dengan nilai p = 0,003; α < 0,05 yang artinya ada pengaruh peer education dalam meningkatan perilaku personal hygiene genetalia remaja putri di Desa Pungka dengan mengontrol pengaruh covariat pretest. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh peer education dalam meningkatkan perilaku personal hygiene genetalia remaja putri di Desa Pungka.
Referensi
Bappenas. 2019. Kajian Profil Penduduk Remaja (10-19 tahun). Jakarta: Bappenas. Diakses dari http://www.bappenas.go.id [19 Juli 2021]
Badan Pusat Statistik Sumbawa. 2019. Jumlah Penduduk menurut Kelompok Umur, Jenis Kelamin, Provinsi, dan Kabupaten/Kota. (Online) sumbawakab.bps.go.id [18 Juli 2021].
Badan Pusat Statistik Provinsi NTB. 2020. Jumlah Penduduk menurut Kelompok Umur, Jenis Kelamin, Provinsi, dan Kabupaten/Kota. (Online) sumbawakab.bps.go.id [18 Juli 2021].
Prawirohardjo, S. 2016. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Puspita. S.I. 2013. Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Menstruasi terhadap Perubahan Perilaku Menstrual Hygiene Remaja Putri untuk Pencegahan Infeksi Saluran Reproduksi (ISR). Diss. Universitas Brawijaya
Rofi’ah. 2017. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Personal Hygiene Saat Menstruasi. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group. Vol.2. no.2
Rahayu. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Peer Group Tentang Vulva Hygiene Terhadap Perilaku Vulva Hygiene Pada Remaja Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Kasihan. Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Vol.2, No.2
WHO. 2014. World Health Statistic Report. Ganeva.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Katrina Novita Dairo, Yunita Lestari, Luh Putu Sri Yuliastuti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.