PENERAPAN METODE REMINDER DENGAN APLIKASI SHORT MESSAGE SERVICE DAN WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN KUNJUNGAN ANTENATAL DI PUSKESMAS LAPE
Kata Kunci:
Metode reminder, Kepatuhan, Ibu hamilAbstrak
Penyebab kematian ibu terbanyak di provinsi NTB pada tahun 2017 terjadi pada saat ibu hamil sebesar 17,65%, saat bersalin sebesar 42,35%, dan saat nifas sebesar 40% (Dinkes Provinsi NTB, 2017). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode reminder menggunakan short message service (SMS) dan aplikasi whatsapp untuk meningkatkan kepatuhan kunjungan antenatal. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data secara observasi dengan desain penelitian adalah tindakan atau action research dengan jumlah responden 35 orang ibu hamil. Analisis data menggunakan analisa secara interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang menurut Miles dan Huberman (2015). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepatuhan ibu hamil terhadap kunjungan antenatal pada siklus I terdapat 27 orang (77,14%) patuh dan 8 orang (22,85%) tidak patuh dengan menggunakan aplikasi SMS, sedangkan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp terdapat 24 orang (68,57%) patuh dan 11 orang (31,42%) tidak patuh. Pada siklus II terdapat 35 orang (100%) patuh dengan menggunakan aplikasi SMS, sedangkan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp terdapat 33 orang (94,28%) patuh dan 2 orang (5,71%) tidak patuh. Ini membuktikan bahwa metode penelitian ini efektif dalam menggunakan metode reminder dengan aplikasi SMS dan WhatsApp dalam meningkatkan kepatuhan kunjungan antenatal di wilayah kerja Puskesmas Lape kecamatan Lape
Referensi
Abdiansyah. (2019). Membangun SMS Gateway untuk Pengisian Pulsa Elektronik Jurnal Sistem Informasi, 1 (2), 62–71. Retrieved
Aminah, S. (2013). Pemantauan Melekat Ibu Hamil Melalui Apllikasi Pesan Pintar. Kulon Progo: Puskesmas Sentolo II.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Asrinah, dkk. 2010.
Asuhan Kebidanan Masa Kehamilan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Cormick, G., Kim, N. A., Rodgers, A, Gibbons, L., Buekens, P. M., Belizán, J. M.,& Althabe, F. (2012). Interest of pregnant women in the useof SMS (short message servic) text messages for the improvement of perinatal and postnatal care, 1–7. https://doi.org/10.1186/1742-4755-99
Dewi, V.N.L. dan Sunarsih, T. 2011. Asuhan Kehamilan untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika
Elhaeart, B., Kundre, R., & Lolong, J. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan,Pekerjaan, Status Ekonomi dengan Paritas di Puskesmas Bahu Manado. E-Journal Keperawatan, 5. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/130075IDmembangunsmsgateway-untuk-pengisian-pu.pdf.
Hardiani, R.S. dan Purwanti, A. 2017, Motivasi dan Kepatuhan Kunjungan Antenatal Care (ANC) Pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Keperawatan, (3), 183-188. (Diakses tanggal 26 Januari 2017, pukul 16.30 WIB).
https://media.neliti.com/media/publications/110831-ID-hubungan tingkatpendidikan-pekerjaan-st.pdf Ermalena. (2017).
Indikator Kesehatan SDGs di Indonesia. Retrieved from http://ictohtcscindonesia.com/wpcontent/uploads/2017/05/Dra.ErmalenaIndikatorKesehatan-SdgsDi-Indonesia.pdf.
Jumiatmoko. (2016). Whatsapp Messenger dalam TinjauanManfaat dan Adab. Wahana Akademika, 3(1), April 2016, h. 51-66.
Lusiana, El Sinta, dkk. 2017. Buku Ajar kebidanan Komunitas, Padang: CV. Rumahkayu Pustaka Utama.
Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (TanggungjawabSosialKorporasi). Bandung: Alfabeta.
Moegni E., & Ocviyanti, D. (editor). (2013). Buku SakuPelayanan Kesehatan Ibu di Fasilitas KesehatanDasar dan Rujukan: Pedoman Bagi
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nur Ike Putri, Has’ad Rahman Attamimi, Luh Putu Sri Yuliastuti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.