GAMBARAN KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP TENAGA KESEHATAN PELAYANAN COVID-19 DI KABUPATEN SUMBAWA

Penulis

  • Rusmayady STIKES Griya Husada Sumbawa

Kata Kunci:

Covid-19, Tenaga Kesehatan, Kepuasan Masyarakat

Abstrak

Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit di Indonesia selama pandemi Covid-19 belum mencapai standar pelayanan minimal. Kesiapan dan kesiapsiagaan rumah sakit dalam menghadapi pandemi Covid-19 dibutuhkan untuk mencapai pelayanan yang bermutu sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran kepuasan masyarakat terhadap tenaga kesehatan pelayanan covid 19 di Kabupaten Sumbawa tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Tekhnik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam. Informan pada penelitian ini adalah pasien Covid-19. Hasil penelitian menunjukan masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan dari segi prosedur pelayanan, keramahan, kenyamanan dan disiplin petugas kesehatan.

Referensi

Kadi, N., Engkeng, S., Kolibu, F., 2021. Gambaran Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan RSUP Ratatotok-Buyat Di Kabupaten Minahasa Tenggara Pada Masa Pendemi Covid-19

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (4 ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Sisdiyantoro, KrisandanEniMinarni.(2021). KualitasPelayananKesehatanTerhadapKepuasanPasienMasaPandemi Covid-19 BerdasarkanProtokolKesehatan.Volume 8 No. 2.Hal 91-104.

World Health Organization (WHO). (2020). Materi Komunikasi Risiko COVID-19 untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan. In. Western Pacific Region.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-06

Cara Mengutip

Rusmayady. (2022). GAMBARAN KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP TENAGA KESEHATAN PELAYANAN COVID-19 DI KABUPATEN SUMBAWA. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 5(2). Diambil dari http://jurnal.lppmstikesghs.ac.id/index.php/jks/article/view/108