PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP SOSIO EMOSIOAL ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PAUD AS-SALAM SUMBAWA

Penulis

  • Yoga Anugera Sundawa STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Iga Maliga STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Evi Gustia Kesuma STIKES Griya Husada Sumbawa

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini semakin berkembang dengan pesat. Teknologi yang sangat populer di era globalisasi ini adalah gadget. Tingkat ketergantungan anak terhadap penggunaan gadget semakin meningkat. Hal ini dapat menyebabkan terganggunya proses perkembangan anak khususnya pada aspek sosio-emosional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang disebabkan oleh gadget terhadap sosio emosional anak usia pra sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yaitu orang tua dari anak usia pra sekolah dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan responden sebanyak 50% berada pada rentang umur 30-35 tahun, 40% responden bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT). Anak responden sebanyak 80% menggunakan gadget yang lebih dari 1 jam per hari dan sisanya kurang dari 1 jam/hari. Analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan gadget tehadap sosio emosional anak usia pra sekolah (p value=0,01) dengan nilai R = 0,64.

Referensi

Chikmah, A. M., & Fitrianingsih, D. (2018). Pengaruh durasi penggunaan gadget terhadap masalah mental emosianal anak pra sekolah di tk pembina kota tegal. Siklus: Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 7(2), 295- 299.
Imron, R. (2017). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Prasekolah Di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Keperawatan, POLTEKES Tantungkarang, Vol. XIII, No, 2, ISSN. 1907-0357, Oktober.
Manupil, B dan Ismanto, Y. OF. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado 2015. Ejournal keperawatan Vol 3.
Pebriana Putri, H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 1, Issue 1, ISSN 2356-1327.
Rahmawati. M dan Latifah. M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen., Januari, p : 75-86 Vol. 13, No.1 p-ISSN : 1907 – 6037 e-ISSN : 2502 – 3594. Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.
Sukmawati. B. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun Di TK Buah Hati Kita. PLB IKIP PGRI JEMBER, Vol. 3, No. 1, Juli.
Wardhani. D. K. (2016). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Bagi Anak Dini. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (JPPPAUD FKIP UNTIRTA), Vol. 3, No. 2, November 2016, ISSN: 2355-830X.
Indanah dan Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu keperawatan Dan Kebidanan, Vol. 10, No. 1, Universitas Muhammadiyah Kudus.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-14

Cara Mengutip

Sundawa, Y. A., Maliga, I. ., & Kesuma, E. G. . (2021). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP SOSIO EMOSIOAL ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PAUD AS-SALAM SUMBAWA. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 4(1), 1–13. Diambil dari http://jurnal.lppmstikesghs.ac.id/index.php/jks/article/view/40