HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PRODI D III KEBIDANAN UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Minat Belajar, Mahasiswa KebidananAbstrak
Hasil belajar mahasiswa dalam pendidikan kebidanan sangat penting untuk menilai tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan belajar yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan kebidanan, salah satunya pencapaian indeks prestasi yang maksimal.Minat dan perhatian yang tinggi pada mata pelajaran akan memberi dampak yang baik bagi prestasi belajar siswa.Metode penelitian ini adalah deskriptif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah korelasional, dengan pendekatan cross sectional. Pegambilan data dilaksanakan di Prodi D III Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta pada tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV program studi DIII Kebidanan. Jumlah populasi 86 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara accidental sampling. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Ada hubungan minat belajar dengan hasil belajar mahasiswa semester VI Prodi D III Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta.
Referensi
Biro Administrasi Unriyo. (2014). Universitas Respati. Yogyakarta.
Djamarah. (2011). Pengertian Tentang Prestasi Belajar. Diakses dari http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2191176-pengertiantentang prestasi-belajar/#ixzz1WIaDvdTj, pada tanggal 2 Maret 2016. Pukul 09.00 WIB.
Lawlis, F. (2006) Meningkatkan Dan memaksimalkan IQ Anak. Jakarta: Gramedia.
Pusdiknakes. (2008). Pedoman Operasional Sistem Kredit pada Sekolah dan Akademi di Lingkungan Depkes RI, Jakarta.
Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, A. (2006). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.
Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Walgito. 2006. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Ana Lestari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.